manfaat teknologi 5g bagi industri 4.0

5G akan mendorong kecerdasan buatan, Internet of Things, dan mengubah dunia selamanya. Istilah AI, robot, virtual reality, dan augmented reality sudah tidak lagi terdengar asing di telinga kita. Bagaimana dengan 5G? Ya, 5G adalah salah satu yang secara pasti dan radikal akan mengubah dunia, namun tidak banyak yang membicarakan istilah ini.

Menurut MIT Technology Review, 5G adalah “pergeseran paradigma teknologi, mirip dengan pergeseran dari mesin tik ke komputer.” Sementara itu Gordon Moore memprediksikan bahwa kecepatan pemrosesan akan berlipat ganda setiap 18 bulannya dengan harga yang lebih rendah. 5G akan menjadi lompatan terbesar dalam kecepatan pemrosesan sejak komputasi dimulai, dan 5G diperkirakan akan menjadi 20 kali lebih cepat daripada 4G.

Dampaknya tidak sekedar proses yang menjadi lebih cepat, 5G adalah teknologi yang sepenuhnya berbeda, memanfaatkan frekuensi radio baru dan panjang gelombang yang lebih pendek, menyediakan tingkat konektivitas dunia yang belum pernah terlihat. Berikut adalah bisnis yang akan diuntungkan dalam dunia 5G:

3D

Salah satu manfaat teknologi 5G adalah penggunaan 3D. Implikasi bisnis untuk 3D sangat besar. Dalam waktu dekat pertemuan bisnis akan diadakan dalam 3D, memungkinkan model yang lebih bermakna, penggunaan gambar CADm dan lebih banyak presentasi yang “lebih hidup”.

Penggunaan hologram ditujukan untuk membuat ilustrasi yang membuktikan bagaimana sebuah produk bisa bekerja. 3D akan menjadi dunia baru.

Enhanced Video

Salah satu manfaat teknologi 5G adalah penggunaan Enhanced Video. Memungkinkan perusahaan untuk memiliki akses video beresolusi tinggi dengan latensi yang rendah. Meskipun memiliki implikasi besar di semua hal (permainan video hingga pemasaran), dampak paling besar akan terjadi dalam perekrutan.

Perusahaan bisa memanfaatkan video untuk merekrut talent, video yang disempurnakan akan memungkinkan perusahaan untuk memperluas jangkauan mereka untuk merekrut dan mempromosikan perusahaan mereka dengan proses yang lebih cepat.

Smarter Homes and Cities

Manfaat teknologi 5G lainnya adalah teknologi smarter homes and cities. 5G akan membawa IoT ke dalam perangkat rumah dan bisnis seperti keamanan, pencahayaan, dan audio yang lebih baik dan biaya operasinya lebih murah. Perusahaan yang memanfaatkan ini akan berkembang cepat.

Connectivity for Customers

Manfaat teknologi 5G yang lain  adalah teknologi Connectivity for Customers. Menurut The International Journal of ICT Economy, Governance and Society, 5G akan menyediakan konektivitas hingga 90 persen dari total populasi di dunia pada 2027. Perusahaan yang menawarkan sistem pembayaran, kesehatan dan layanan bisnis ke ‘dunia ketiga’ ini akan memiliki akses ke pasar baru dan pelanggan.

Autonomous Vehicles

Salah satu manfaat teknologi 5G adalah Autonomous Vehicles. Kendaraan otonom menjadi sorotan beberapa waktu yang lalu karena dianggap  tidak bisa diandalkan setelah mengalami kecelakaan .Guna mendukung jutaan kendaraan otonom, jalan raya  akan membutuhkan jaringan yang lebih dapat diandalkan.

5G akan memungkinkan kendaraan otonom mampu mendeteksi bahaya dengan lebih baik, berkomunikasi dengan kendaraan lain, berinteraksi dengan papan nama cerdas dan mengikuti peta yang lebih tepat. Terdapat hubungan langsung dan linier antara pemasangan 5G dan adopsi pasar mobil otonom.

Aplikasi komersial kendaraan otonom akan menjadi substansial, memotong tenaga kerja dan mengurangi waktu pengiriman dalam rantai pasokan.

Kawasan industri juga menjadi salah satu pendukung implementasi industri 4.0 yang menjadi program pemerintah. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah akan meningkatkan jaringan internet 5G di kawasan industri. Pemerintah mengatakan akan membuka kawasan industri Jawa Barat yang  baru dan  sudah dilengkapi oleh teknologi 5G.

Dengan masuknya teknologi 5G tersebut di kawasan industri Jawa Barat diharapkan akan menarik investor sekaligus meningkatkan kualitas produksi di kawasan industri tersebut. Adapun, dalam rencana pemerintah “Making Indonesia 4.0” terdapat lima sektor pengembangan industri manufaktur yang akan menjadi percontohan, yaitu industri makanan dan minuman, tekstil dan pakaian, otomotif, kimia, serta elektronik.

Pemanfaatan teknologi 5G pasti akan mendukung peningkatan produksi dan kualitas di kawasan industri Jawa Barat. Karena kawasan industri di Jawa Barat merupakan salah satu pusat kawasan industri terbesar di Indonesia, berarti pemanfaatan teknologi 5G juga akan berdampak pada produktivitas produksi nasional.


Tags: IoT Technology

Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi