Kawasan Industri Cikarang dikenal sebagai Kawasan Industri Terbesar, banyak Pabrik dan Gudang yang Dijual dan Disewakan

Cikarang merupakan salah satu kota di Kabupaten Bekasi yang berjarak sekitar 34 km sebelah timur Kota Jakarta. Kota ini disebut juga sebagai Kota Industri Cikarang. Pasalnya Kawasan Industri Cikarang memiliki lahan yang luas, sehingga lokasi tersebut dikenal sebagai kawasan industri terbesar di Asia Tenggara.

Bagi perkembangan industri nasional, Cikarang mampu menghasilkan nilai ekspor yang kurang lebih sama dengan kawasan industri di Batam. Hal ini tampak jelas dari sumbangsih berupa 34,46 persen penanaman modal asing nasional serta kemampuan ekspornya yang berada di angka 22 hingga 45 persen volume ekspor nasional.

Pada tahun 2008 sendiri industri di Cikarang mampu menghasilkan omzet sebesar USD 35 miliar di mana 70 persen di antaranya untuk pasar ekspor. Kemampuan ini disebabkan oleh keberadaan 2.125 unit pabrik dari 25 negara di dunia berada di kawasan industri Cikarang.

Manfaat Keberadaan Industri Cikarang

Keberadaan kawasan industri Cikarang akan memberikan dampak positif bagi lingkungan di sekitarnya secara khusus dan bagi negara secara umum. Beberapa di antaranya manfaat tersebut yakni sebagai berikut:

1. Lapangan Kerja yang Terbuka Luas

Hal yang pasti terjadi ketika sebuah kawasan industri dibangun di satu tempat yakni terbuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. Pasalnya, beragam jenis industri membutuhkan tenaga kerja untuk mengoperasikan proses produksi produk yang dibuat di pabrik.

2. Munculnya Beragam Peluang Usaha Baru

Seiring pertumbuhan kawasan industri, semakin banyak peluang-peluang usaha baru yang terbuka lebar. Baik itu yang berhubungan dengan proses produksi maupun yang tidak terkait secara langsung dengan industri tersebut. Beberapa peluang usaha tersebut di antaranya jasa perbankan, jasa perdagangan, perumahan, hingga makanan.

3. Meningkatnya Kegiatan Ekspor

Salah satu yang menjadi daya tarik dari industri Cikarang yakni kawasannya yang terbesar se-Asia Tenggara. Hal ini pun menandakan bahwa beragam hasil produksi dari pabrik atau gudang yang ada di kawasan ini adalah barang-barang yang siap untuk memenuhi kebutuhan ekspor. Dengan meningkatnya kegiatan ekspor ini, maka akan berdampak kepada tingginya pemasukan negara.

4. Meningkatnya Pendapatan Daerah

Tidak hanya pemasukan negara, keberadaan kawasan industri ini jelas akan membantu meningkatkan pendapatan asli daerah seiring perkembangannya. Pendapatan ini berasal dari pajak industri serta berbagai usaha yang ada di sekelilingnya. Keberadaan para pekerja pun akan membantu hal ini dengan adanya pajak penghasilan pekerja.

5. Percepatan Pertumbuhan Ekonomi

Dengan terpusatnya kawasan industri di Cikarang, maka proses percepatan pertumbuhan ekonomi akan semakin cepat. Bukan hanya di daerah Cikarang, tapi juga daerah lain di sekitar Jawa Barat akan merasakan dampak positif dari keberadaan daerah ini.

Salah satu daerah di kawasan ini yang bisa dipertimbangkan untuk gudang dan pabrik adalah di Karawang New Industry City (KNIC). Pasalnya, KNIC mempunyai lokasi strategis yang dekat dari 2 bandara dan tidak jauh dari ibu kota. Maka tak heran, banyak pabrik dan gudang yang dijual ataupun disewakan di lokasi Kawasan Industri Cikarang tersebut.

Keadaan ini pun membuat KNIC menjadi kawasan yang pas untuk membangun bisnis perusahaan manufaktur maupun gudang. Setiap perusahaan memerlukan gudang yang secara efisien dapat menyimpan barang dan dekat dengan infrastruktur yang mendukungnya dan hal-hal ini hanya ditemukan di KNIC. Jika Anda sedang mencari pabrik dan gudang yang dijual atau disewakan, mungkin Kawasan Industri Cikarang ini cocok untuk Anda.

Konsep yang diusung oleh KNIC pada dasarnya adalah sebuah kota industri yang terintegrasi kelas dunia sehingga kehadiran infrastruktur kelas dunia terlihat jelas di sini.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi